Tuesday, March 17, 2020

Cara Siswa Bergabung di Google Classroom di Komputer

Untuk dapat belajar, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran jarak jauh secara online dengan menggunkan Google Classroom siswa atau murid harus membuka laman atau aplikasi online google classroom.

Yang adik-adik perlu persiapkan dahulu.

  1. Pastikan adik-adik sudah memiliki akun gmail, misalnya : namakamu@gmail.com, jangan lupa juga passwordnya. (Akun google atau gmailnya bisa sama yang kamu gunakan di perangkat Android kamu ya.... Kalau belum yaa terpaksa buat dulu)
  2. Pastikan adik-adik sudah menerima kode kelas untuk join atau masuk kelas yang diberikan oleh Ibu/Bapak guru kamu, mislanya kodenya : fgdr57d. (biasanya 6 atau 7 angka dan huruf. Kalau belum minta kodenya ke Ibu/Bapak Guru ya...)


Selanjutnya:
Buka classroom.google.com

Terus Login dengan akun google atau gmail kamu.
Terus klik tombol Continue atau Lanjutkan

Kalau kamu sudah masuk ke tampilan seperti gambar dibawah ini, Klik tanda tambah (+) yang ada disudut atas, 

Lalu KLIK : GABUNG KELAS (Join Class)



Selanjutnya, Masukkan kode kelas yang diberikan oleh Ibu/Bapak Guru kamu, lalu klik Gabung. Kode kelas terdiri dari 6 atau 7 huruf atau angka. Misalnya, hjhmgrk atau g5gdp1.


Klik Join.
Maka adik-adik sekarang sudah berhasil masuk kelas dan dapat melihat pelajaran atau tugas-tugas yang diberikan oleh Ibu Bapak Guru.

Selain menggunakan kode yang diberikan oleh Guru, Adik-adik dapat masuk kelas dengan Menerima undangan dari guru adik-adik—Jika guru  mengirimi  undangan, Adik-adik akan melihat Bergabung di kartu kelas di halaman beranda Claassroom Anda.

-----

Mengenail Google Classroom

Oh ya bagi adik-adik yang ingin tahu apa itu goolge classroom, simak bahasan berikut ini :

Google classroom juga suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian.

Google Classroom adalah produk google yang terhubung dengan gmail, drive, hangout, youtube dan calendar yang dalam. Banyaknya fasilitas yang disediakan google classroom akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud bukan hanya di kelas saja, melainkan juga di luar kelas karena peserta didik dapat melakukan pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan mengakses google classroom secara online. Berbeda dengan media pembelajaran yang lain keunggulan media google class room adalah masalah efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Google classroom telah terbukti dapat menunjang keberhasilan belajar mengajar karena dapat dipadukan dengan model atau metode apapun.

Kepo cara Bapak/Ibu Guru Membuat Kelas, kuy intip cara membuat kelas dan memberikan pelajaran serta tugas di google classroom berikut ini 

Cara Membuat Kelas:
1) Buka classroom.google.com, lalu klik Login.
2) Login dengan Akun Google. Misalnya, anda@sekolahanda.edu atau anda@gmail.com. Pelajari lebih lanjut.
3) Di Halaman beranda Classroom, klik Tambahkan Buat kelas.
4) Masukkan nama kelas.
5) (Opsional) Untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, klik Bagian dan masukkan detailnya.
6) (Opsional) Untuk menambahkan mata pelajaran, klik Mata Pelajaran, lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika menulis teks.
7) (Opsional) Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruangan dan masukkan detailnya.
8) Klik Buat.
Classroom membuat kode kelas secara otomatis ketika Anda membuat kelas baru. Gunakan kode ini untuk mengundang siswa ke kelas. Anda dapat mengubah tema kelas atau menampilkan foto profil jika dinginkan. Anda dapat mengarsipkan kelas jika sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk detailnya, lihatMengarsipkan kelas.
Cara Menambahkan Materi:
1) Pertama, klik menu “CLASSWORK”
2) Kedua, klik “CREATE”
3) Ketiga, klik “Material”
4) Keempat, Isi kolom ‘Title’ dengan judul materi yang akan kita buat.
5) Kelima, Tuliskan beberapa kalimat sebagai deskripsi materi pada kolom ‘Description’ atau kosongkan saja jika tidak ada deskripsi materi.
6) Keenam, pilih icon ‘attachment’ jika kita hendak memasukkan file yang kita simpan pada drive computer; atau pilih icon ‘Google Drive’ jika file yang akan kita unggah tersimpan di google drive; pilih icon ‘Youtube’ jika file yang akan kita unggah berupa video yang kita ambil dari channel youtube; atau pilih icon ‘link Url’ jika materi yang akan kita unggah adalah berupa laman dari website lain.
7) Kelima, klik menu ‘Upload’
8) Keenam, klik menu ‘Select File From Your Computer’ atau drag saja file dari drive ke area yang bertuliskan “Drag files here” (Jumlah file yang diupload di sini bisa lebih dari satu file. Setelah proses pengambilan file dari drive komputer selesai, daftar file akan muncul pada kotak laman)
9) Ketujuh, klik ‘Upload’
10) Kedelapan, klik kolom ‘For’ untuk menambahkan kelas yang akan kita kirimi materi. Beri tanda centang pada gambar kotak sesuai dengan nama kelas yang kita tuju. Jika kita hanya ingin mengirimkan materi pada satu kelas, maka tidak perlu klik pada kolom ini.
11) Kesembilan, klik ‘All Student’ dan pilih target siswa yang akan menerima materi. Jika kita tergetkan untuk semua siswa, maka biarkan saja terisi dengan pilihan “All Student.”
12) Kesepuluh, klik ‘Topic’ untuk membuat topic baru atau menambahkan materi ke kategori topic yang sudah dibuat sebelumnya.
13) Kesebelas, klik ‘POST’ untuk menerbitkan materi ke Google Classroom.
Cara Memberi Penugasan :
1) Pertama, klik menu ‘CLASSWORK’
2) Kedua, klik menu ‘CREATE’
3) Ketiga, pilih menu ‘Assignment’
4) Keempat, isi kolom “Title” dengan judul tugas yang akan kita berikan.
5) Kelima, isi kolom “Instructions” dengan perintah atau soal yang kita ujikan. Jika soal yang kita berikan berupa file attachment, maka di kolom instruction ini bisa dijabarkan mengenai gambaran singkat bentuk file tugas yang kita berikan.
6) Keenam, ini kolom “Point” dengan skor maksimal yang kita pakai sebagai ukuran keberhasilan. Jika penugasan yang kita berikan tidak memerlukan skor, maka isi dengan pilihan “Ungrade.”
7) Ketujuh, setting batas terakhir pengumpulan tugas yang kita berikan.
8) Kedelapan, isi kolom “Topic” dengan kategori tugas yang akan kita berikan. Jika tidak ada pengelompokan, cukup biarkan dengan isian ‘No topic.’
9) Kesembilan, klik ‘ASSIGN’ untuk mengunggah tugas ke Google Classroom.
Cari Pelajaran lain : Blog Cari Pelajaran
Kelebihan Google Classroom
1) Google Classroom lebih rapi dibanding media social lain. Di Google Classroom ada menu ‘Classwork’ yang akan mengelompokkan file unggahan menjadi dua: file Materi dan file Tugas. Ketika menu ini diklik, maka kita akan disajikan daftar materi dan daftar tugas yang ada di kelas. Uniknya daftar ini bisa terdiri dari beberapa file yang dikelompokkan dalam satu atau beberapa kategori. Misalnya nih kita bikin kategori: Materi Pengenalan WordPress. Dalam satu kategori ini kita bisa isi dengan beberapa file materi. Sehingga tidak bercampur dengan file materi dari kategori yang berbeda.
2) Dalam Google Classroom ada menu ‘To-Do’ yang merupakan daftar tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Ketika sang pengajar memberikan tugas, maka otomatis siswa akan mudah menemukan tugas itu di menu ‘To-Do’. Bahkan penugasan yang diberikan bisa diatur batas akhir pengumpulannya. Bagi siswa akan secara otomatis mendapatkan remainder melalui email ketika tugas ini diunggah oleh pengajar, ketika sehari menjelang deadline, dan saat masa penugasan berakhir. Jadi sebagai pengajar tak perlu repot mengingatkan siswa terkait tugas yang diberikan.Dalam hal ini Google Classroom memberikan kewanangan penuh kepada pengajar untuk mengendalikan kelas.
3) Google Classroom terintegrasi dengan Google Drive sebagai penyimpanan file yang dipakai dalam kelas. Jadi ketika pengajar mengunggah materi atau tugas, maka otomatis file materi dan tugas ini tersimpan di google drive kita. Jadi tidak perlu khawatir dan takut kehilangan materi yang sudah kita sampaikan di kelas. Bahkan file-file tersebut sudah ditata rapi dalam folder-folder sesuai kategori di drive kita.

4) Tidak ada iklan yang muncul di laman Google Classroom sebagaimana di laman media social. Sehingga baik pengajar maupun siswa bisa focus dalam kegiatan belajar mengajar. Begitu juga saat kita mengakses Google Classroom melalui aplikasi android atau iOS yang kita download di store.
Demikianlah, selamat belajar.!!! Siswanews.blogspot.com

Artikel Terkait