PENGHEMATAN AIR KELAS 5 TEMA 8
KUNCI JAWABAN SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 126, 128
(buku.kemdikbud.go.id) |
Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat pemborosan Air
- Sediakan satu buah gelas (ukuran ± 300 ml)
- Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes
- Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman
- Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut
- Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
- Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru
....... (jawaban relatif berbeda untuk setiap siswa, tergantung dengan praktik yang dilakukan)
(buku.kemdikbud.go.id) |
Ayo Membaca
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak , dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air
Kunci Jawaban Halaman 126
Ayo Berdiskusi
1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan
- Mandi dengan shower, daripada dengan gayung atau bathtub
- Mempersingkat waktu mandi
- Mematikan keran ketika mencuci tangan, gosok gigi
- Kurangi konsumsi barang yang 'menyedot' air
- Pakai sedikit deterjen untuk mencuci
- Siram tanaman di pagi hari
- Membuat lubang biopori
- Memperbaiki kebocoran pipa
2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air
3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita
Buklet tindakan penghematan air
(dream, kumparan, hellosehat,pxhere,jalaberita,a-pradana) |
Kunci Jawaban Halaman 128
Ayo Berkreasi
Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada pembelajaran 2
Lingkunganku sehat airku bersih
(buku.kemdikbud.go.id) |
Aku Menjaga Sungaiku Bersih
(pikiran rakyat/bandung, kompasiana.com) |
Aku Menjaga Sungaiku Bersih
(sumber : http://hamdawiksono.blogspot.com/2012/09/komik-lingkungan.html) |
Indonesia Beragam, Indonesia Kaya
(kementerian pendidikan dan kebudayaan) |