Tuesday, February 26, 2019

Keteraturan yang menakjubkan Hal 4-12

KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 HAL 4, 5, 6-7, 8, 10, 11, 12

isi pertanyaan buku k13 kls 6 tm 9

Kunci Jawaban Halaman 3

Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?
  • Perbedaan lama siang-malam
  • Perubahan rasi bintang
  • Gerak semu tahunan Matahari
  • Perubahan musim
Kunci Jawaban Halaman 4

1. Perhatikan dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan.

Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan urutan dari Matahari

Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:

Kunci Jawaban Halaman 5

Judul Kegiatan :
Mengenal Tata Surya

Tujuan Pengamatan :
Mengetahui atau mengenal sistem tata surya dan cara kerja anggota sistem tata surya, serta ciri khusus masing-masing planet

Metode :
Membaca

Hasil Pengamatan :
Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusat. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Planet yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, terlihat dari Bumi sesaat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Merkurius melesat cepat mengelilingi Matahari, namun lambat dalam berotasi. Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius karena adanya lapisan atmosfer yang tebal. Venus menjadi planet paling terang diantara planet lain. Venus berotasi searah jarum jam. Bumi disebut juga planet Biru karena sebagian besar Bumi berupa lautan. Planet Mars dijuluki planet merah. Disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Planet Jupiter merupakan planet  yang sebagian besar terdiri atas gas. Memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa. Planet Saturnus memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Salah satu satelit yang paling terkenal mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat celcius. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap. Terdiri atas gumpalan gas. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.

Kesimpulan :
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.

7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.

Kunci Jawaban Halaman 6

Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan ukurannya
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 6

8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?
    Jawaban :
Merkurius

b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
    Jawaban :
Neptunus

c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?
    Jawaban :
Merkurius

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?
   Jawaban :
Jupiter

e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?
   Jawaban :
Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.

f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?
   Jawaban :
Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet lain

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
  1. Apa nama julukan untuk planet Mars? (Planet Merah)
  2. Mengapa Bumi disebut sebagai Planet Biru? (Karena sebagian besar wilayah Bumi berupa lautan)
  3. Apa ciri khusus planet Saturnus? (Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya)
  4. Mengapa Mars disebut mirip dengan Bumi? (karena 1 hari di Mars hampir sama dengan 1 hari di Bumi, yaitu 24,6 jam. Juga memiliki kutub es sama seperti Bumi. Mars juga memiliki lapisan Atmosfer seperti Bumi walaupun lebih tipis.
  5. Mengapa planet uranus berputar miring? (Karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya)

Kunci Jawaban Halaman 8

Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.

Fakta menarik :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars. 
Kosakata baru :
Kunci jawaban tematik kelas 6 Tema 9 subtema 1 pembelajaran 1
Pertanyaanku hari ini :
Adakah Sumber energi panas selain Matahari yang ada di tata surya?

Kunci Jawaban Halaman 10

Lengkapi Diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi "Barisan yang menyenangkan"
Judul Cerita Fiksi :
Barisan yang menyenangkan
Penulis :
Amanda Naila

Kunci Jawaban Halaman 11

Sifat dari Tokoh Utama :
Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
Tindakan yang dilakukan :
Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat
Gambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius

Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi "Barisan yang Menyenangkan"
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Tiara

3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Ayah, Ibu

4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Halaman belakang rumah Tiara

5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri

Kunci Jawaban Halaman 12

Tokoh utama :

Tempat/latar :
Kunci jawaban kelas 6 Tema 9 subtema 1 pembelajaran 1
desainrumahnya

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita

2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?
............ (alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung siswa/teman lain)

3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.

4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Hal 13⏩

Artikel Terkait